Diskripsi Matakuliah :
Mempelajari IoT perkembangan, pengguaan serta cara membuat perangkat IoT menggunakan Arduino khususnya menggunakan perangkat ESP8266
Capaian Pembelajaran :
diharapkan mahasiswa memahami perkembangan IoT, mengetahui perangkat IoT,bisa mengimplementasikan penggunaat IoT di kehidupan sehari-hari
Ketercapaian kompetensi hardskill :
Mahasiswa mampu membuat perangkat IoT
Ketercapaian kompetensi softskill :
Mahasiswa mampu memahami perkembangan IoT, mengetahui perangkat IoT
Petunjuk mempelajari bahan ajar
Mahasiswa mendownload materi pdf yang sudah disiapkan di setiap pertemuan, mahasiswa bisa menambah sumber belajar dari media lain seperti buku, E-book, Internet dan lain-lain untuk menambah wawasan. Setelah itu mahasiswa membaca materi yang sudah di download dan silahkan mengerjakan tugas di pertemuan tersebut, tugas bisa dikerjakan selama 7x24jam dan tidak ada batas mengerjakan atau bisa diulang-ulang tanpa batas. Mahasiswa mengisi forum diskusi yang sudah disiapkan dosen.
Learning Outcomes :
Mahasiswa mampu membuat perangkat IoT secara efisien, efektif dan terjangkau
Penilaian :
Untuk Bobot penilaian dalam matakuliah ini sebagai berikut :
Untuk Bobot penilaian dalam matakuliah ini sebagai berikut : Penilaian terdiri dari minimal 4 CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) yaitu : CPMK01,CPMK02,CPMK03,CPMK02 masing-masing berbobot 25%
Masing-masing CPMK terdiri dari :
- BERFIKIR KRITIS= 20%
- SOFTSKILLS KEAKTIFAN = 15%
- SOFTSKILLS KEMANDIRAN = 15%
- TUGAS Mingguan/lainnya = 20%
- Ujian CPMK/UCP/UCPMK = 30%
Untuk mendapatkan nilai minimum/ nilai 50/ C di perkuliahan ini pastikan rajin presensi (nilai softskill
Bahan yang dibutuhkan :
- Simulasi Arduino : https://github.com/fritzing/fritzing-app/releases
- Hardware : https://tokopedia.com/jokovlog
RPS IOT : view
PERTEMUAN 01 (Pengantar Revolusi Industri 4.0)
Materi pertemuan 01 : view
Kuis 01 : view
PERTEMUAN 02 (Internet Of Things (IoT))
Dipertemuan ini kita akan membahas Sejarah & Defenisi, Paradigma, Model Referensi, Kebutuhan, Aplikasi dan manfaat dengan mempelajari matakuliah ini diharapkan Mahasiswa sejarah dan pengertian IoT, Mahasiswa memahami pemanfaat IoT dalam kehidupan sehari-hari dan di
industri.
Meteri pertemuan 02 : view
Kuis 02 : View
PERTEMUAN 03 ( Perangkat IoT bagian-01)
Dipertemuan ini kita akan membahas AIDC (Barcode, RFID, Biometric, Smartcard), dengan mempelajari matakuliah ini diharapkan Mahasiswa memahami perangkat IoT, Mahasiswa mengetahui macam-macam implementasi perangkat IoT.
Materi pertemuan 03 : View
Kuis 03 : View
PERTEMUAN 04 ( Ujian UCP-01)
UCPMK 01 : View
Tatap maya dengan dosen : buka youtube
PERTEMUAN 05 (Perangkat Iot bagian 02)
Materi 05 : view
Kuis 05 : View
PERTEMUAN 06 (Board dan sensor IOT)
Materi 06 : view
Kuis 06 : view
PERTEMUAN 07 (Start-Up loT)
Materi 07 : view
Kuis : View
PERTEMUAN 08-ucp-2
UTS : view
PERTEMUAN 09 (HAKI)
Materi : View
Kuis : View
PERTEMUAN 10 (ARDUINO-ELEKRONIK DASAR)
Materi seputar arduino : View
Materi elektronika dasar : View
PERTEMUAN 11 (Pengenalan pemrograman Bahasa C Arduino)
di pertemuan ini kita akan membahas Pengenalan pemrograman Bahasa C Arduino,
Materi 11 : Pengenalan pemrograman bahasa C arduino
Kuis :
PERTEMUAN 12 (ESP8266)
produk yang menggunakan esp 8266 diantarnya NodeMCU, Lolin LUA, Wemos, ESPDuino, ESP8266 Module Series atu bisa melihat di link ini : https://www.warriornux.com/macam-macam-jenis-keluarga-esp8266/ . di praktek ini akan di gunakan NodeMCU dengan USB to TTL untuk flasing dan komunikasi menggunakan komputer menggunakan CH340
Materi 12 : mengenal esp 8266
Kuis 12 :
UCPMK 03 :
PERTEMUAN 13 (Praktek dasar pemrograman arduino menggunakan emulator "WokWi")
Emulator Arduino online WokWi : buka
Modul Praktikum IOT : buka modul
Tugas Praktek 13-A mempelajari "digital write dan delay"
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding penggunaan digital write dan delay untuk membuat lampu flipflop. caranya lihat video petunjuk ini
komponen : ESP8266, LED dan resistor 220ohm dan pin output adalah pin4. silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-B mempelajari "membaca input PIN dan struktur kondisi IF..ELSE.."
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding untuk mematikan dan menghidupkan led (saat saklar di tekan maka off saat saklar di lepas maka on)
komponen :
- ESP8266(1x)
- LED(1x) resistor 220ohm(1x) dioutput pin4.
- resistor pullup 1Kohm(1x) di pin 0
- pushbutton dipin 0
silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-C penggunaan constanta, membaca input PIN, struktur kondisi IF..ELSE.."
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding untuk lampu ON/OFF menggunakan satu saklar (saat saklar di tekan maka lampu ON, lampu belum OFF selama saklar belum di tekan kembali demikian seterusnya).
komponen :
- ESP8266(1x)
- LED(1x) resistor 220ohm(1x) dioutput pin4.
- resistor pullup 1Kohm(1x) di pin 0
- pushbutton dipin 0
silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-D penggunaan Loop..for..
komponen :
- ESP8266(1x)
- LED(4x) resistor 220ohm(4x)
Kode programnya bisa >>didownload disini<< dan penjelasan kode >>programnya klik link ini<<. silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-E penggunaan Loop..do..while
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding
untuk While (klik kanan gambar untuk menyimpan)
Untuk do..While..
komponen :
- ESP8266(1x)
- LED(4x) resistor 220ohm(4x)
penjelasan kode >>programnya klik link ini<<. Tugas silahkan
- upload tangkapan layar coding untuk penggunaan while serta do while dan kedua rangkaiannya dari situs https://wokwi.com/. ;
- Jangan lupa download project dalam format ZIP yang while serta do while jadi ada 4 berkas yang harus di upload
Tugas Praktek 13-F Penggunaan operator Boolean AND
Cara menggunakannya geser saklar dan led menyala maka input A=1, geser saklar satunya lagi dan led menyala maka input B=1 jika operator boolean AND = 1AND1=1 atau output led akan menyala jika semua input lednya menyala=1 dan output akan mati jika salah satu input lednya mati=0. jadi operator boolean AND sama dengan perkalian
komponen :
- ESP8266(1x)
- LED hijau(1x), merah (1x), Ungu (1x)
- Resistor 220ohm (2x)
- Slide switch (1x)
silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-G Penggunaan operator Boolean OR
Cara menggunakannya geser saklar dan led menyala maka input A=1, geser saklar satunya lagi dan led menyala maka input B=0 jika operator boolean OR= 1 OR 1=1 atau output led akan menyala jika salah satu input lednya menyala =1 . jadi operator boolean OR sama dengan penjumlahan
komponen :
- ESP8266(1x)
- LED hijau(1x), merah (1x), Ungu (1x)
- Resistor 220ohm (2x)
- Slide switch (1x)
silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-H Penggunaan operator Boolean NOT "!"
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding untuk mencoba menggunakan operator Boolean NOT
Cara menggunakannya geser saklar dan led menyala maka input A=1, geser saklar satunya lagi dan led menyala maka input B=0 jika operator boolean OR= 1 OR 1=1 atau output led akan menyala, jika output dikasih operator boolean NOT maka hasilnya kan kebalikannya led output akan mati=0 . jadi operator boolean NOT hasilkan kebalikannya yaitu jika output 1 dikasih NOT maka hasilnya 0 demikian sebaliknya
komponen :
- ESP8266(1x)
- LED hijau(1x), merah (1x), Ungu (1x)
- Resistor 220ohm (2x)
- Slide switch (1x)
silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-I penggunaan Analog Input. "mengukur tegangan" & komunikasi serial
komponen :
- ESP8266(1x)
- Potensiometer (1x)
penjelasan kode >>programnya klik link ini<<. silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-J Penggunaan LCD 16x2 dan cara memanggil libraryLcd
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding untuk penggunaan LCD jenis komunikasi paralel
WAJIB!!, masukkan dulu library LCD kalu tidak maka emulator akan error
Setelah itu baru merakit dan memasukkan kodingnya
komponen :
- ESP8266(1x)
- LCD 16x2(1x)
penjelasan kode>>programnya klik link ini<<. silahkan upload tangkapan layar coding di tampilan LCD ganti dengan NIM-Nama anda dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-K Penggunaan OLED SSD1306 dan komunikasi 12C
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding untuk penggunaan LCD jenis komunikasi paralel
WAJIB!!, masukkan dulu library seperti gambar di bawah ini, jika tidak maka emulator akan error
Setelah itu baru merakit dan memasukkan kodingnya >>bisa download disini<< informasi komunikasi 12 di link https://notes.opikdesign.com/index.php/2020/08/17/iot-robot/mengenal-i2c-di-dunia-iot/
komponen :
- ESP8266(1x)
- LCD 16x2(1x)
silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
Tugas Praktek 13-L Penggunaan Sensor Kelembaban & suhu DHT22
buka https://wokwi.com/ kemudian buat skema emulator dan koding untuk penggunaan LCD jenis komunikasi paralel
WAJIB!!, masukkan dulu library seperti gambar di bawah ini, jika tidak maka emulator akan error
komponen :
- ESP8266(1x)
- DHT22(1x)
silahkan upload tangkapan layar coding dan rangkaian dari situs https://wokwi.com/ beserta download project dalam format ZIP
PERTEMUAN 14 (ESP8266 untuk IoT menghubungkan WIFI & ambil data NTP dari Internet)
PERTEMUAN 16 (UAS/UCP-04)
di pertemuan 16 ini tidak ada UAS tetapi diganti dengan proyek membangun IOT secara fisik yaitu membuat IOT dari hasil simulasi di pertemuan ke 15, mahasiswa harus membeli peralatan IOT diantaranya
- ESP8266 NodeMcu V3 1 pcs
- Lampu led warna bebas 1pc
- Potensiometer 10k sampai 100k 1pcs
- resistor 220ohm 1pcs
- sensor suhu DHT 22 1pcs
- LCD 12C 1pcs
- kabel seperlunya
silahkan mahasiswa mendownload materi yang disediakan kemudian mengerjakan soal dan dikahir pertemuan ini silahkan menjawab pertanyaan di forum diskusi
Download library LCD 12C untuk Arduino : Download
E-Book
Download Buku IoT
Referensi
- Pengantar Teknologi Internet of Things (2019), Yudho Yudhanto, Abdul Azisß, UNS Press
- Vermesan, 0., Friess, P.(2013), Internet of Things: Converging Technologies for Smart Environments and Integrated Ecosystems. River Publishers
- Greengard, S (2015, The Internet of Things. The MIT Press, Cambridge
- Fleisch, E., Weinberger M., Wortmann, F.(2014) Business Models and the Internet of Things
- Introduction to SingIe-Board Computers and Microcontrollers, Vanessa Lawson
- Media HAKI Pemantik lnovasi dan Kreasi (2019). Vol.1 Th.2019, DJKI Kementrian Hukum dan HAM
- Media HAKI Pemantik lnovasi dan Kreasi (2019). Vol.2 Th.2019, DJKI Kementrian Hukum dan HAM
- Panduan Mahir Pengantar Teknologi lnformasi (2017), Yudho Yudhanto, Fendi Aji Purnomo, UNS Press
- Modul sistem IoT UMSU oleh Yoshida Sari, M.Kom
- https://cintaprogramming.com/2014/03/03/single-board-computer-dan-singleboard-microcontroller/https://aws.amazon.com/id/iot/
- https://vemafats.com/mengenal-teknologi-aidc/
- https://www.arduinoindonesia.id
- https://mikroavr.com
- https://arduin0-tutorials.b|ogspot.com
https://referensiarduino.wordpress.com - https://kelasrobot.com
- https://buaya-instrument.com
- https://blog.famosastudio.com
- https://images.google.com
Glosarium
- 5G, Standar teknologi generasi kelima untuk jaringan seluler broadband disebut 5G. Ini menunjukkan peningkatan yang nyata dalam kecepatan unduh dari 4G dan latensi yang sangat rendah, konektivitas berkecepatan tinggi, dan jangkauan yang luas. Teknologi ini baru dan tidak akan sepenuhnya menggantikan 4G untuk beberapa waktu.
- Antarmuka pemrograman aplikasi (API), Perangkat lunak atau kode yang memungkinkan dua aplikasi berbeda untuk "berkomunikasi" satu sama lain dengan mudah.
- Big Data, ??Kumpulan data yang besar atau banyak dan kompleks yang dapat dianalisis untuk pola dan tren. Wawasan data besar dapat digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan data. Data besar mencakup data yang dihasilkan dari perangkat IoT.
- Bluetooth dan Bluetooth Low Energy (BLE), Teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat untuk bertukar data. BLE adalah jenis teknologi Bluetooth yang memungkinkan perangkat untuk mengirimkan data dengan biaya rendah dengan jarak pendek dan konsumsi daya yang rendah.
- Seluler, Jenis teknologi nirkabel yang menyediakan komunikasi broadband yang andal dengan opsi yang dapat mendukung konsumsi daya yang rendah. Meskipun paling dikenal di pasar ponsel konsumen, ini juga dapat dimanfaatkan untuk kasus penggunaan lainnya.
- Cloud, Cloud adalah tempat data dalam sistem IoT diproses. Infrastruktur cloud bertanggung jawab untuk memuat, menyimpan, dan mengubah data.
- Konektivitas, Metode koneksi antara semua elemen dalam ekosistem IoT. Konektivitas dapat mencakup sensor, platform, router, aplikasi, dan sistem lainnya.
- Perangkat, Produk yang berisi sensor disebut perangkat. Mereka adalah komponen penting dalam ekosistem IoT.
- Manajemen perangkat, Kumpulan kerangka kerja dan metode yang menangani penyediaan, otentikasi, konfigurasi, dan pemeliharaan perangkat yang terhubung dalam ekosistem IoT. Layanan termasuk memantau sistem dan mendiagnosis masalah, menjaga semua perangkat tetap terhubung, aman, dan diperbarui.
- eSIM, Ada dua definisi untuk eSIM. Yang pertama adalah SIM tertanam, di mana SIM fisik dipasang di permukaan papan. Yang kedua adalah SIM elektronik, yang merupakan perangkat lunak yang dapat diprogram yang menentukan operator default penggunaan.
- Gateway, Perangkat atau platform virtual yang menghubungkan perangkat pintar, sensor, dan modul IoT ke cloud. Ini berfungsi sebagai portal akses nirkabel yang menyediakan akses internet ke perangkat IoT.
- IMEI, Pengidentifikasi unik untuk setiap perangkat, sering kali terletak di kemasan perangkat atau di menu pengaturan di aplikasi perangkat lunak perangkat. Ini digunakan untuk mengidentifikasi perangkat di jaringan.
- Integrated circuit card identifier (ICCID), Nomor unik yang ditetapkan untuk kartu SIM tertentu yang unik secara global dan tidak ditetapkan untuk negara asal kartu. Itu disimpan secara digital dan juga dapat diukir ke dalam kartu SIM fisik.
- Penagihan IoT, Penagihan IoT adalah penagihan untuk layanan yang terkait dengan solusi IoT.
- Kartu SIM IoT, Chip sirkuit terintegrasi yang menyimpan kredensial autentikasi untuk perangkat di jaringan IoT seluler.
- Platform IoT, Komponen utama yang bertindak sebagai pusat komando untuk ekosistem IoT. Ini digunakan untuk menghubungkan dan memberdayakan semua perangkat di sistem.
- Protokol IoT, Mode komunikasi dalam sistem IoT yang memastikan keamanan data.
- ITS (Sistem Transportasi Cerdas), Teknologi cerdas yang digunakan dalam manajemen lalu lintas dan transportasi untuk meningkatkan efisiensi, keselamatan, dan keberlanjutan.
- Low power wide area network (LPWAN), Rangkaian teknologi yang ideal untuk mendukung jaringan IoT skala besar dengan jangkauan signifikan dan blok data kecil. Kasus penggunaan yang ideal tidak memerlukan bandwidth tinggi atau sensitivitas waktu.
- Protokol LoRa (LoRaWAN), Teknologi baru yang menawarkan jangkauan jauh untuk paket data kecil dengan konsumsi daya rendah. Kasus penggunaan mirip dengan LPWAN, namun, ini adalah koneksi point-to-point yang membutuhkan gateway untuk mengakses cloud.
- LTE-M, Jenis standar jaringan area luas berdaya rendah.
- Machine-to-machine (M2M), Pertukaran data point-to-point antara perangkat jaringan yang menggunakan internet. Teknologi ini membentuk fondasi untuk IoT.
- Modul, Perangkat elektronik kecil yang tertanam dalam perangkat keras untuk terhubung ke jaringan nirkabel.
- Narrow-band IoT ( NB-IoT ), Teknologi jaringan nirkabel yang digunakan untuk mendukung aplikasi IoT untuk mengoptimalkan konektivitas seluler.
- Near field communication (NFC), Protokol komunikasi yang digunakan antar perangkat dalam jarak yang sangat pendek.
- Quality of service (QOS), Pengukuran kinerja keseluruhan layanan yang digunakan untuk memprioritaskan aliran data dan untuk mengoptimalkan standar kinerja.
- Keamanan, Untuk internet hal, ini adalah sekelompok metode yang digunakan untuk mengamankan perangkat berbasis jaringan dan yang terhubung ke internet. Ini termasuk kontrol akses jaringan, API dan keamanan jaringan, gateway keamanan, manajemen patch, dan banyak lagi.
- Sensor, Perangkat keras yang mendeteksi perubahan di lingkungannya dan mengumpulkan data. Mereka adalah komponen penting dari ekosistem IoT.
- Smart Farming, Penerapan teknologi dan informasi modern dalam industri pertanian menggunakan sistem teknologi tinggi untuk meningkatkan produksi pangan secara efisien dan berkualitas.
- Smart meter, Perangkat yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengirimkan data dari perangkat IoT ke cloud untuk diproses.
- Pelanggan chur, Persentase pelanggan atau pelanggan yang membatalkan langganan mereka dengan perusahaan atau layanan Anda atau tidak memperbarui dalam jangka waktu tertentu. Ini adalah metrik penting untuk bisnis IoT yang menggunakan model berlangganan.
- Model langganan, Model pendapatan di mana produk dan/atau layanan dijual untuk pendapatan berulang setiap bulan atau tahunan. Ini adalah metode penagihan yang populer untuk bisnis dan konsumen.
- VoLTE (Voice Over LTE), Layanan suara dan komunikasi yang didukung oleh LTE, Wi-Fi, dan 5G.