PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
ASSALAMUALAIKUM WR. WB.
Komponen Penilaian :
Komponen Nilai | Nilai |
Tugas/Quiz | 30% |
UTS | 30% |
UAS | 30% |
Presensi | 10% |
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman berdasarkan konsep "objek", yang dapat berisi data, dalam bentuk field atau dikenal juga sebagai atribut; serta kode, dalam bentuk fungsi/prosedur atau dikenal juga sebagai method. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Pemrograman Berbasis Objek 1 (Pengenalan)
Pemrograman Berbasis Objek 2 (Class dan Object)
Pemrograman Berbasis Objek 3 Property dan Method
Property adalah Asset yang dimiliki oleh Class, yakni sebuah variable yang dapat anda setting sendiri nilainya. Property ini berisi data, dan proses pembuatannya cukup mudah sama seperti pembuatan variable pada umumnya.
Sedangkan Method adalah Fungsi / Aksi yang dimiliki oleh Class, Method ini baru dapat dijalankan ketika namanya dipanggil. Proses pembuatannya pun sama seperti konsep pembuatan fungsi biasa pada PHP, yang dalam mendefinisikan fungsinya harus menggunakan keyword function yang selanjutnya di ikuti dengan nama fungsi tersebut.
Video OOP Property dan MethodMateri Property and Method : Download
Tutorial Youtube kuis 3
Property adalah Asset yang dimiliki oleh Class, yakni sebuah variable yang dapat anda setting sendiri nilainya. Property ini berisi data, dan proses pembuatannya cukup mudah sama seperti pembuatan variable pada umumnya.
Sedangkan Method adalah Fungsi / Aksi yang dimiliki oleh Class, Method ini baru dapat dijalankan ketika namanya dipanggil. Proses pembuatannya pun sama seperti konsep pembuatan fungsi biasa pada PHP, yang dalam mendefinisikan fungsinya harus menggunakan keyword function yang selanjutnya di ikuti dengan nama fungsi tersebut.
Pemrograman Berbasis Objek 4 : Constructor
Constructor merupakan method spesial atau method khusus yang ada di dalam suatu class.
Method yang otomatis dijalankan ketika kita membuat object dari sebuah class.
Pemrograman Berbasis Objek 5 : Object Type
Tipe data object adalah tipe data yang tidak sekedar menyimpan data tetapi berisikan juga informasi bagaimana untuk mengolah data tersebut. Maksudnya, pada tipe data data lain seperti : integer, float, string hanya berisikan tipe data dia sendiri, sedangkan pada tipe data object dapat berisikan tipe-tipe data lain.
Video OOP Object Type
Materi Object Type : Download
Materi Object Type : Download
Pemrograman Berbasis Objek 6 : Inhiritance
Pemrograman Berbasis Objek 7 : Overriding
• Object Type merupakan cara untuk mengubah atau menggunakan object sebagai salah satu type data
• Type data biasanya berupa integer, string, float dll
Materi Overriding : Download
Pemrograman Berbasis Objek 8 : UTS
Pemrograman Berbasis Objek 9 : Visibility
Pemrograman Berbasis Objek 10 : Setter dan Getter
• Mengambil alih atau menimpa method parentnya.
Materi :DownloadKuis : Download
Pemrograman Berbasis Objek 11 :Static Keyword
Static Keyword adalah Keyword yang digunakan untuk dapat langsung mengakses Property dan Method dalam konteks Class
Pemrograman Berbasis Objek 12 : constant
- Sebuah indentifier untuk menyimpan nilai • Nilainya tidak dapat berubah (Apabila sudah di set di suatau program, sampai akhir program di jalankan nilainya tidak akan berubah)
- Dalam PHP ada 2 cara dalam membuat constanta, yaitu dengan menggunakan keyword define () dan keyword const