SEMESTER 6 - MEDIA INTERAKTIF

 

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Media Kreatif dalam program studi Informatika dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang konsep dan teknologi di balik produksi kreatif dalam dunia digital. Mahasiswa akan belajar menerapkan prinsip-prinsip desain, multimedia, dan seni digital dalam pengembangan proyek-proyek kreatif menggunakan perangkat lunak dan alat modern. Mata kuliah ini mencakup topik-topik seperti desain grafis, animasi, audio-visual, dan pengalaman pengguna (user experience), dengan penekanan pada integrasi teknologi informatika untuk menciptakan solusi kreatif. Melalui proyek-proyek praktis, mahasiswa akan mengembangkan keterampilan desain, kreativitas, dan pemahaman tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dan menciptakan pengalaman visual yang menarik. Mata kuliah ini tidak hanya memperkaya keahlian teknis mahasiswa, tetapi juga menggali aspek seni dan estetika dalam dunia informatika, membuka peluang untuk berkontribusi dalam industri kreatif dan teknologi.

 

icon  Komponen Penilaian
Quiz harian 20%Presensi 5%Tugas 15%UTS 20%UAS 40%

 

iconKonversi Nilai
AngkaHuruf
>80
A
75≤ X < 80
AB
65≤ X < 75B
60≤ X < 65BC
50≤ X < 60C
35≤ X < 50D
≤ 35E

 

icon

icon  Referensi

Buku:

  • "Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability" oleh Steve Krug
  • "The Design of Everyday Things" oleh Don Norman
  • "Interaction Design: Beyond Human-Computer Interaction" oleh Jenny Preece, Helen Sharp, dan Yvonne Rogers
  • "The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond" oleh Jesse James Garrett

Situs web dan assets komponen:

  • freepik.com
  • sllidesgo.com
  • flaticon.com
PERTEMUAN 01 - PENGANTAR MEDIA INTERAKTIF

Mata kuliah ini akan membawa kita ke dalam dunia inovasi pendidikan di era digital. Di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat, media interaktif menjadi salah satu kunci untuk menciptakan pengalaman belajar yang menarik, efektif, dan berdampak.

Pada pertemuan pertama ini, kami akan mengenalkan konsep-konsep dasar tentang media pembelajaran interaktif, termasuk definisi, tujuan, serta peranannya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Kita akan membahas berbagai topik menarik, mulai dari desain instruksional hingga pengembangan konten interaktif, dari integrasi teknologi dalam pembelajaran hingga evaluasi efektivitas media pembelajaran.

Saya yakin setiap dari kita memiliki minat dan keinginan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menginspirasi dan mendukung perkembangan peserta didik. Bersama-sama, kita akan menjelajahi berbagai strategi dan teknik dalam media pembelajaran interaktif yang dapat kita terapkan dalam konteks pendidikan.


Materi : Download
PERTEMUAN 02 - PENGANTAR MEDIA INTERAKTIF 2
Pada pertemuan ini kita membahas terkait Prinsip dasar desain. Tujuannya agar kita dalam melakukan desain tidak hanya asal desain tanpa memperhatikan kaidah-kaidah.

Materi : Download

PERTEMUAN 03 - PRINSIP DASAR DESAIN INTERAKTIF

Pokok Bahasan
1. Jenis Media Tutorial
2. Jenis Media Drill
3. Jenis Media Simulation
4. Jenis Media Educational Games

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Penyesuaian dengan perkembangan teknologi: Teknologi terus berkembang, dan dengan itu, cara kita belajar pun berubah. Media pembelajaran interaktif memungkinkan kita untuk mengikuti perkembangan tersebut dan menggunakan teknologi terbaru untuk meningkatkan pengalaman pembelajaran.

  2. Peningkatan keterlibatan siswa: Media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterlibatan siswa dengan menyediakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Ini dapat membantu siswa lebih aktif terlibat dalam proses pembelajaran dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi.

  3. Diversifikasi gaya pembelajaran: Setiap orang memiliki gaya pembelajaran yang berbeda. Beberapa orang lebih responsif terhadap pembelajaran visual, sementara yang lainnya lebih suka pembelajaran auditif atau kinestetik. Dengan mengenal berbagai jenis media pembelajaran interaktif, kita dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih inklusif dan memenuhi berbagai gaya pembelajaran.

  4. Meningkatkan aksesibilitas: Media pembelajaran interaktif dapat membantu meningkatkan aksesibilitas pendidikan dengan menyediakan opsi pembelajaran yang lebih fleksibel. Ini dapat membantu siswa yang memiliki kesulitan belajar atau memiliki keterbatasan fisik untuk tetap terlibat dalam proses pembelajaran.


PERTEMUAN 04 - JENIS MEDIA INTERAKTIF
Sebagai sebuah media, didalamya pasti terdiri dari beberapa jenis media seperti yang telah dijelaskan pada bab satu tentang konsep media pembelajaran. Jenis-jenis media yang ada dalam sebuah program media inilah yang merupakan komponen-komponen pembentuk ‘media’. Pada bab ini akan dijelaskan mengenai beberapa komponen media yang dapat dijadikan dasar dalam memilih jenis media apa saja yang nantinya akan dikembangkan dalam program media yang Anda buat.

PERTEMUAN 05 - KOMPONEN MULTIMEDIA
Pada pertemuan ini akan dibahas mengenai beberapa model pengembangan program MPI yang dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan produk media pembelajaran. Model-model pengembangan yang akan dibahas antara lain model Borg & Gall, model Allesi & Trollip, dan model Lee & Owens. Ketiga model tersebut merupakan model yang paling banyak digunakan dan memiliki ciri khas langkah- langkah pengembangan yang berbeda. Disamping ketiga model tersebut, sebenarnya masih ada beberapa model pengembangan lain diantaranya model Eleanor L. Criswell, Adrian Mallon, Rob Phillips, dan Donna Rubinson. Masing-masing model pengembangan pada akhirnya mengarah pada tahap evaluasi, yakni untuk menilai kualitas produk yang dikembangkan.

PERTEMUAN 06 - ALAT PENGEMBANGAN
Dalam mengembangakan Media Interaktif, tentu kita harus mengetahui software apa saja yang bisa kita gunakan dalam membuat media interaktif tersebut. berikut adalah beberapa software yang mungkin bisa membantu teman-teman dalam mengembangkan Media Interaktif khususnya dalam pembelajaran.

PERTEMUAN 07 - ANIMASI
Salah satu software yang paling mudah digunakan dalam membuat media interaktif adalah Powerpoint.  Namun dalam penyajiannya tentu saja kita tidak bisa membuat powerpoint yang hanya menambahkan gambar dan teks tanpa ada animasi atau transisi didalamnya. berikut adalah cara membuat animasi pada powerpoint.

Tutorial pembuatan animasi bisa dilihat pada : 
PERTEMUAN 08 - UTS
PERTEMUAN 09 - PENGENALAN PROYEK INTERAKTIF


Dalam sesi ini, kita akan menjelajahi dunia kreatif di mana teknologi dan seni bersatu untuk menciptakan pengalaman yang menarik dan dinamis. Teman-teman akan diperkenalkan pada konsep dasar, alat, dan teknik yang digunakan dalam pembuatan media interaktif, serta bagaimana mengintegrasikannya ke dalam proyek-proyek nyata untuk menghasilkan karya yang tidak hanya informatif tetapi juga menghibur dan memikat.

PERTEMUAN 10 - PROSES PRODUKSI MEDIA INTERAKTIF (RANCANGAN)

Di sini, kita akan belajar bagaimana merancang media interaktif yang menarik dan mudah digunakan. Teman-teman akan mempelajari langkah-langkah dasar, mulai dari ide awal hingga pembuatan prototipe. Kami akan menggunakan berbagai alat dan teknik untuk membantu Anda menciptakan pengalaman digital yang seru dan bermanfaat. 

PERTEMUAN 11 - UNSUR PERANCANGAN DALAM MEDIA INTERAKTIF 
Dalam materi Unsur-unsur Perancangan Media Interaktif ini, kita akan mengeksplorasi komponen-komponen penting yang membuat media interaktif menjadi menarik dan mudah digunakan. Kita akan mempelajari elemen-elemen seperti desain visual, interaktivitas, navigasi, dan pengalaman pengguna. Dengan memahami dan mengaplikasikan unsur-unsur ini, kamu akan mampu merancang media yang tidak hanya estetis tetapi juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan bagi pengguna

PERTEMUAN 12 - TOMBOL, VISUAL, DAN SUARA
Dalam pertemuan dengan tema "Tombol, Teks, dan Suara dalam Media Interaktif" ini, kita akan membahas tiga elemen penting yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Kita akan mengeksplorasi bagaimana tombol dapat dirancang untuk memudahkan navigasi, bagaimana teks dapat disusun agar informatif dan menarik, serta bagaimana suara dapat digunakan untuk memperkaya interaksi dan memberikan feedback yang efektif. Dengan memahami dan menerapkan ketiga elemen ini, Teman-teman akan mampu menciptakan media interaktif yang lebih intuitif, menarik, dan dinamis. 

Materi : Tombol dalam Media Interaktif (Video)
PERTEMUAN 13 - PROYEK MEDIA INTERAKTIF, GAMES PEMBELAJARAN
Pada materi bab ini akan dibahas tentang teknik-teknik dasar pembuatan games. Games pembelajaran yang dibuat sebenarnya adalah materi pembelajaran yang dirancang dalam sebuah permainan. Media games yang diciptakan akan menggunakan program dasar Power Point yang nantinya akan dikonversi kedalam bahasa internet dengan menggunakan Program Ispring dan kemudian dikonvert kembali dengan menggunakan program Website 2 Apk Builder.
Materi : Media Interaktif
PERTEMUAN 14 - PROYEK MEDIA INTERAKTIF, MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID
Media merupakan alat untuk menyampaikan suatu informasi dari seorang informan kepada penerima pesan. Media sebagai suatu alat dalam menyampaikan informasi digunakan oleh pendidik dalam proses belajar mengajar, media dalam proses belajar mengajar disebut dengan media pemebelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran dan perasaan.
PERTEMUAN 15 - PROYEK MEDIA INTERAKTIF, PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Video merupakan salah satu teknologi yang dapat mengirimkan sinyal elektronik dari suatu gambar yang bergerak. Aplikasi umum yang digunakan untuk media televisi, namun saat ini juga dapat digunakan untuk bidang-bidang teknik, saintifik, produksi dan juga keamanan. Video sebenarnya merupakan kata latin yang artinya “saya lihat”.
PERTEMUAN 16 - UAS






Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama